AS Tahan Istri Eks Kepala Kartel Narkoba Meksiko

Emma Coronel Aispuro Secara Teratur Menghadiri Persidangan Suaminya Dua Tahun Lalu.

Emma Coronel Aispuro. (AFP)

Nusantaratv.com - Usai ditangkap atas dugaan keterlibatan dalam perdagangan narkoba internasional, istri Joaquin 'El Chapo' Guzman, mantan pemimpin kartel narkoba Sinaloa Meksiko akhirnya ditahan.

Emma Coronel Aispuro, yang secara teratur menghadiri persidangan suaminya dua tahun lalu, ditangkap pada Senin (22/2/2021), di Bandara Internasional Dulles di Virginia utara dan diperkirakan akan hadir dalam konferensi video di pengadilan federal di Washington pada Selasa, (23/2/2021) waktu setempat. 

Penangkapan Coronel terjadi dua tahun setelah persidangan di Brooklyn di mana Guzman saat ini dihukum karena memperdagangkan berton-ton narkoba ke Amerika Serikat (AS) sebagai pemimpin Sinaloa. 

Jaksa penuntut di persidangan mengatakan Guzman mengumpulkan kekuasaan melalui pembunuhan dan perang dengan kartel saingan.

Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada Juli 2019 ditambah 30 tahun, yang menurut hakim yang memberikan hukuman mencerminkan tindakan 'sangat jahat' Guzman. Guzman dikirim ke ADX Florence di Colorado, penjara paling aman di AS.

Sedangkan Coronel didakwa pada Senin (22/2/2021) karena berkonspirasi untuk mendistribusikan heroin, kokain, ganja dan metamfetamin untuk impor yang melanggar hukum ke AS.

Jaksa penuntut menuduh Coronel juga bersekongkol untuk membantu suaminya dalam pelariannya pada Juli 2015 dari penjara Altiplano di Meksiko, ketika dia menggali terowongan sepanjang satu mil dari selnya, dan mulai merencanakan pelarian kedua setelah ditangkap oleh pihak berwenang Meksiko pada Januari 2016.

Menurut pengaduan, sebanyak 2 juta dolar AS telah dibayarkan kepada pejabat Meksiko yang tidak disebutkan namanya, yang mengawasi penjara negara itu, untuk memfasilitasi upaya kedua Guzman untuk melarikan diri.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK