AHY Teriak Soal Kudeta, Analis: Itu Hal yang Biasa di Parpol

Jika AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat memiliki kepiawaian dalam konteks manajemen politik internal tentu gerakan apapun yang berupaya melengserkan dia atau...

Seperti informasi yang kami sampaikan sebelumnya bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono  (AHY) menggelar konferensi pers terkait adanya dugaan yang akan mengkudeta kepemimpinannya di partai berlambang Mercy tersebut.

Isu kudeta yang digaungkan oleh AHY menjadi topik pembahasan Host Muhammad Irsal bersama narasumber Pakar Komunikasi Politik dari UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto dalam Dialog Nusantara Siang yang disiarkan NusantaraTV, Selasa (2/2/2021). 

Menurut Pakar Komunikasi Politik dari UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto substansi pesan yang disampaikan AHY dalam konferensi pers tersebut  menohok langsung pada posisi pemerintahan Pak Jokowi. Disebut ada menteri di sekitar Pak Jokowi yang menghendaki semacam gerakan untuk mengintervensi Partai Demokrat. 

Ini kan semacam serangan sebenarnya yang sifatnya verbal yang disebut attacking statement. Pernyataan yang menyerang langsung di muka publik. Dan ini sebenarnya bagian dari manajemen konflik sekaligus menjadi manajemen isu. Kenapa? Karena pernyataan ini mau tidak mau akan menjadi diskursus publik. 

Apakah langkah yang diambil oleh AHY ini merupakan fungsi oposisi atau hanya sekadar menabuh genderang untuk memperkeruh suasana antara partai merah dan partai biru. Karena kita tahu Ketum Partai Demokrat sebelumnya pernah berseteru dengan PDIP?

Saya lihat memang ini tidak bisa dipisahkan dari kronologis relasi kuasa antar Partai Demokrat dengan rezim Pak Jokowi. Termasuk juga inner circle elit-elit yang kemudian mendukung Pak Jokowi. Misalnya Ibu Megawati tentu juga orang-orang yang sekarang berada di barisan pemerintahan Pak Jokowi.

Saya ingin memaknai dua hal. Pertama, bacaan yang hubungannya dengan eksistensi partai politik. Dalam proses konsolidasi internal partai politik sebenarnya jika pun memang ada faksi di luar AHY dan Susilo Bambang Yudhoyono di tubuh partai Demokrat. Sebenarnya yang paling penting didahulukan oleh internal partai Demokrat mengkonsolidasikan kekuatan. 

Jika AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat memiliki kepiawaian dalam konteks manajemen politik internal tentu gerakan apapun yang berupaya melengserkan dia atau berupaya dalam konteks saat ini disebut kudeta di internal partai tentu akan mengalami hambatan luar biasa kalau internal Partai Demokratnya solid. 

Toh, dulu juga pernah ada upaya-upaya seperti ini misalnya proses konflik SBY dengan Anas Urbaningrum. Ini kan menunjukan bahwa ada konflik atau friksi yang mencuat begitu besar di Partai Demokrat pada saat ada polarisasi antara kubunya Anas Urbaningrum dan kubunya Cikeas atau kubu Pak SBY. 

Ini hubungannya dengan pengelolaan konflik di tubuh partai. Partai sangat terbiasa dengan konflik internal bisa lihat PPP, Hanura dan lain-lain. 

Yang kedua, ini hubungannya tentu eksistensi partai dengan kelompok di luar partai. Sebut saja misalnya antara posisi Partai Demokrat hari ini sebagai partai di luar kekuasaan karena tidak menjadi bagian dari rezim Pak Jokowi. Tidak ada menteri yang diakomodir termasuk Pak AHY nya sendiri. Meskipun awal-awal cukup intens membangun komunikasi politik dengan kubunya Pak Jokowi.

Menurut saya pernyataan hari ini tidak bisa dilepaskan juga dari upaya untuk mempertegas posisi politik Partai Demokrat sebagai partai di luar kekuasaan dengan cara salah satunya sekarang memperjelas front. 

Setelah pernyataan ini muncul, ini kan akan membakar situasi. Ketika ini menjadi liputan media, jadi perbincangan maka menurut saya juga akan sangat penting bagi AHY dan timnya menyiapkan pasca ini. Apa yang akan dituai dari pernyataan yang kontroversial ini? Karena pasti akan ada serangan balik. Dari pihak-pihak yang tidak suka dengan pernyataan ini.

Nusantara Siang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 11.00 WIB hanya di Nusantara TV 

Login dengan
LIVE TV & NETWORK