5 Provinsi Siaga Banjir Pada 22-23 Februari, Mana Saja?

Banjir Terjadi Imbas Dari Hujan Lebat.

Ilustrasi. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi lima provinsi siaga banjir atau banjir bandang, akibat dampak hujan lebat, Senin (22/2) per pukul 07.00 WIB hingga 24 jam kemudian.

Status siaga ditetapkan untuk Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

"Berlaku 22 Februari 2021 pukul 07.00 WIB s/d 23 Februari 2021 pukul 07.00. Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir/bandang dapat terjadi di wilayah sebagai berikut," demikian pernyataan tertulis BMKG, Minggu (21/2/2021) malam. 

Sementara 18 provinsi lainnya berstatus waspada, yakni meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Jawa Barat, D.I Yogyakrta dan Nusa Tenggara Barat.

Kemudian Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sebelumnya, BMKG menyatakan terdapat potensi hujan intensitas lebat dengan kilat petir dan angin kencang di 28 provinsi dalam hingga 23 Februari 2021. Sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami puncak musim penghujan sampai awal Maret.

Dalam beberapa bulan pertama pada 2021, sejumlah daerah pun mulai mengalami bencana banjir. Setelah genangan hebat didapati di Kalimantan Selatan pada Januari lalu, kini giliran DKI Jakarta dan wilayah penyangganya yang mengalami banjir.

Banjir di DKI Jakarta menelan lima orang korban jiwa. Di Tangerang, satu orang tewas terseret arus banjir. Sementara di Bekasi, satu anak meninggal dan seorang lagi hilang karena berenang di kali ketika banjir.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK